Selamat Datang

Selamat Datang (Sugeng Rawuh) di Blog Pribadi Saya

Selasa, 09 November 2010

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Dewasa ini kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan bagi anak usia dini semakin meningkat. Hal ini ditandai dengan berdirinya lembaga-lembaga PAUD yang marak disekitar kita. Kalau kita lihat berdirinya lembaga PAUD saat ini seperti tumbuhnya jamur di musim hujan.

Namun dengan semakin maraknya pendidikan anak usia dini kita ternyata masih banyak terjadi kesalahpahaman tentang keberadaan PAUD itu sendiri. Masyarakat sering menyebut lembaga pendidikan anak usia dini di luar Taman Kanak-Kanak dengan sebutan PAUD. Mereka sering menyebut kelompok Bermain/Play Group dengan sebutan PAUD. Padahal Taman Kanak-Kanak sendiripun termasuk dalam lembaga PAUD. Bedanya kalau TK berada pada jalur formal, sedangkan KB/Play Group berada dalam jalur nonformal.

Di samping itu berkembang pula asumsi bahwa dengan berdirinya lembaga usia dini seperti Kelompok Bermain/Play Group berdampak terhadap kurangnya masukan siswa TK. Alhasil seringkali terjadi ketegangan antara lembaga TK dengan Play Group. Terutama yang berada pada lokasi yang saling berdekatan.

Hal tersebut seharusnya tidak perlu terjadi seandainya masing-masing pihak mengetahui kapasitas masing-masing. Play Group/Kelompok Bermain diperuntukkan bagi anak usia 2-4 tahun, sedangkan TK memiliki sasaran usia 4-6 tahun. Untuk ruang lingkup bidang pengembangan juga berbeda-beda. Karena tahapan perkembangan usia 3-4 tahun berbeda dengan anak usia 4-6 tahun. Namun yang banyak terjadi, lembaga Kelompok Bermain/Play Group seringkali mengadopsi pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Akibatnya anak menjadi matang sebelum waktunya. Dan begitu anak duduk di lembaga TK anak menjadi bosan karena pembelajaran yang diterima toh sama saja.

Mungkin pada waktu itu belum tersusun kurikulum untuk lembaga KB/PG. Namun sekarang pemerintah sudah mengeluarkan Kurikulum PAUD untuk masing-masing lembaga, sehingga tidak lagi terjadi saling tumpang tindih dalam pelaksanaan pembelajaran. Tinggal sekarang bagaimana pandai-pandainya pendidik mengaplikasikan kurikulum PAUD itu di lembaga masing-masing.
Para Tutor PAUD khususnya di wilayanh Kabupaten Musi Banyuasin Propinsi Sumatera selatan sekarang sudah apat bernafas lega, karena perhatian pemerintah sudah mulai nampak dengan diterbitkannya SK yang ditandatangani oleh kepala Dinas Pendidikan Nasional, disamping itu adanya intensif sebesar Rp 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) setiap bulan. Nilai nominal memang masih jauh dari harapan, namun setidaknya perhatian pemerintah sudah ada. Kepada para Tutor hendaknya mau bersabar diri, sebab dengan adanya SK Kepala Dinas seandainya masih ada pengangkatan CPNS dari jalur honor, SK tersebut dapat dipergunakan. Setahu saya baru saya seorang Tutor yang diangkat sebagai PNS dari jalur honor. Maka saya bagikan pengalam ini untuk teman-teman Tutor yang sempat membaca informasi ini.

Tidak ada komentar: