Selamat Datang

Selamat Datang (Sugeng Rawuh) di Blog Pribadi Saya

Kamis, 02 Juni 2011

TIPS SHOLAT ISTIKHARAH


Selain sholat wajib yang lima waktu, banyak sekali sholat sunah yang dapat kita kerjakan untuk menyemai amal shalih untuk bekal ketika kita telah dipanggil menghadap Allah Azza wajall. Salah satu shalat sunah tersebut adalah shalat istikharah yaitu shalat yang kita lakukan untuk mendapatkan petunjuk Allah SWT ketika kita dihadapkan pada dua pilihan atau lebih yang sama-sama baik sehingga kita bingung untuk memilihnya. Missalnya ketika kita mau memilih isteri, disaat itu ada dua atau tiga gadis impian kita yang semuanya baik dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Diantara gadis yang baik itu tentu ada yang terbaik. Hal inilah yang kita lakukan untuk diberikan petunjuk agar kita tidak salah pilih.
Shalat sunah Istikharah sejatinya dapat dilaksanakan kapan saja. Namun sebaiknya dikerjakan bersamaan saat kita mengerjakan shalat Tahajjud. Sebab waktu-waktu disepertiga malam merupakan waktu-waktu mustajab untuk mengadukan segala do’a permohonan kita. Namun demikian, apabila hal tersebut sulit kita lakukan karena telah seharian sibuk dengan segala aktivitas yang melelahkan, sehingga merasa susah bangun malam, maka ada baiknya kita mengikuti cara yang telah dilakukan Syaih Sayyid Sabbiq dalam Fiqh sunnah : shalat istikharah boleh dilakukan ketika mengerjakan shalat sunah Rawatib atau shalat sunah Tahiyatul-Masjid; entah itu siang maupun malam hari”.
Bilangan shalat Istikharah sendiri sebanyak dua rakaat. Surat yang dibaca setelah membaca surah al-fatihah terserah kita (tentunya yang sudah kita hafal) boleh ayat maupun surat-surat pendek yang kita suka. Setelah itu kita berdoa sebagaimana  yang telah diajarkan nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Jabir bin Abdullah “Apabila seseorang diantara kamu mempunyai rencana untuk mengerjakan sesuatu, hendaknya melakukan shalat sunah (Istikharah) dua rakaat, kemudian bacalah doa ini : “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepada-Mu dengan ilmu pengetahuan-Mu dan aku memohon kekuasaan-Mu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaan-Mu. Aku mohon kepada-Mu sesuatu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa, sedang aku tidak kuasa. Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha mengetahui hal yang Gaib. Ya allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (sebutkan perkaranya) lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terhadap diriku di dunia atau diakhirat, sukseskanlah untukku, mudahkan jalannya, kemudian berikan berkah. Akan tetapi, apabila Engkau mengetahui apabila persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya bagi diriku, maka singkirkanlah persoalan tersebut, dan jauhkan aku dari padanya, takdirkan kebaikan untukku dimana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaan-Mu kepadaku” (HR.Bukhari).
Dengan mohon petunjuk kepada Allah SWT tentunya kita tidak akan salah pilih, karena apa yang baik menurut kita belum tentu pas untuk ukuran kita di mata Allah SWT. Semoha Tips ini dapat menjadi acuan, ketika kita dihadapkan suatu pilihan pelik yang membuat kita bingung, sehingga kita tidak terjerumus dalam pilihan yang keliru. Tentunya sesal dikemudian tiada arti, memang penyesalan selalu datang kemudian.

Tidak ada komentar: