Selamat Datang

Selamat Datang (Sugeng Rawuh) di Blog Pribadi Saya

Jumat, 03 Desember 2010

Imam Bukhari

Imam Bukhari ialah Abu ‘Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mughirah bin Yardidzab al Bukairy. Seorang ulama besar dalam ilmu hadits, yang seluruh kesempatan dan hidupnya dicurahkan untuk mengumpulkan, meneliti dan mempelajari hadits-hadits nabi SAW, sebab saat itu hadits-hadits nabi belum terkumpul dalam satu kitab, masih banyak tersimpan pada dada ulama penghafalnya. Dalam upayanya mencari dan mengumpulkan hadits, Bukhari mengadakan pengembaraan dari kampung ke kampung, hingga dari kota ke kota lainnya, untuk menemui para ulama yang menyimpannya. Setelah terkumpul, Bukhari mengadakan penelitian tentang “matan hadits”nya, diperhatikan pula sanad-sanadnya, yang kemudian beliau susunlah sebuah kitab hadits, yang hingga sekarang telah populair di kalangan kaum muslilin, yaitu kitab “Shahih Bukhari” dalam 4 jilid besar.

Kitab “Shahih Bukhari” atau judul aslinya “Jami’us-Shahih” inilah yang dikalangan umat islam telah disepakati sebagai sumber kedua dalam menentukan hukum Islam, sesudah Al-qur’an. Disamping itu merupakan kitab hadits yang pertama kali disusun di persada bumi ini, dan kitab hadits yang paling shahih.

Bukhari, tidak hanya menulis menulis satu kitab itu saja, tetapi karya ilmiahnya juga yang lain banyak juga, khususnya dalam masalah hadits Nabi. Kitab “Adabul-Nufrad”, termasuk salah atu dari karya ilmiahnya pula.

Bukhari, sempat menghafal dan mengumpulkan sebanyak 600.000 hadits Nabi, yang kemudian setelah diteliti dari berbagai segi, maka yang ditulisnya alam kitab “Shahih Bukari” ada 7.275 hadits. Namun kemudian setelah disaring lagi, yaitu dikurangi yang berulang-ulang,tinggal 2.513 hadits. Tentunya selebihnya dari itu ditulisnya dalam berbagai kitab karyanya. Lebih jauh diterangkan, bahwa dari sekian banyak hadits yang dihafalnya, yang nyata-nyata shahih ada 100.000 hadits Nabi, sedangkan yang 500.000 hadits masih diragukan kesahihannya.

Dalam menulis kitab “Shahih Bukhari”, Imam Bukhari tidak sembarang menulis saja, tetapi setiap kali hendak menulis didahului dengan berwudlu di sumur Zam-Zam, dan mengadakan sholat sunah dua rokaat terlebih dahulu, yaitu di Maqam Ibrahim. Demikian pula dikala menulis kitab yang lain. Untuk menulis kitab “Shahih Bukhari” memakan waktu selama 16 tahun.

Ulama besar Ahli Hadits Nomor satu di dunia ini lahir pada Bulan Syawwal tahun 194 H di sebuah desa Bukhara (Asia Tengah), dan wafat di desa Samarkand (Bukhara), pada hari malam Sabtu, tepatnya waktu Isya’, dan bertepatan pula dengan Malam Hari Raya Fitri tahun 256 H, dan dimakamkan di situ juga.

Ulama besar yang telah meninggalkan karya ilmiahnya yang masyhur, yang diakui oleh seluruh dunia Islam, baik sekarang hingga akhir zaman ini termasuk seorang penganut Madzhab Syafi’i. perlu di catat, bahwa kitab “Shahih Bukhari” diselesaikan keseluruhannya di kota Makkah Al Mukarromah, di dekat ka’batullah Musyarrafah.

Tidak ada komentar: